Menulis Iklan Sesuai Konteks

Artikel ini akan menjelaskan tentang  Menulis Iklan Sesuai Konteks, Syarat-Syarat Iklan.

Menulis Iklan

Iklan adalah bentuk komunikasi dari seseorang, perusahaan, atau instansi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik agar masyarakat menggunakan produk yang diklaim. Iklan juga berarti pemberitahuan yang bertujuan untuk membujuk atau mendorong khalayak.

Berdasarkan isinya iklan dibedakan menjadi iklan pemberitahuan dan pengumuman, reklame atau iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.

Iklan pemberitahuan dan pengumuman bertujuan menarik perhatian khalayak ramai tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.

Reklame atau iklan penawaran bertujuan agar produk yang ditawarkan laku di pasaran, misalnya iklan barang-baraang yang diperdagangkan atau barang niaga.

Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan penjelasan atau penerangan kepada masyarakat tentang suatu hal, misalnya bahaya narkoba, iklan mencegah demam berdarah, dan sebagainya.

Syarat-Syarat Iklan

Syarat-syarat iklan adalah objektif, jujur, menarik, singkat, jelas, dan tidak menyinggung perasaan. Bahasa yang digunakan berkonotasi positif, mudah dipahami, mudah diingat, dan menimbulkan kepenasaran bagi khalayak.
Menulis Iklan Sesuai Konteks
Menulis

Iklan baris adalah iklan singkat yang hanya terdiri atas beberapa baris didalam sebuah kolom. Biasanya, iklan baris ada disebuah kolom khusus yang berisai berbagai penawaran, seperti rumah yang disewakan/dikontrakan, rumah dijual, lowongan pekerjaan, penjualan/pencarian barang, penawaran jasa, dan sebagainya.

Dalam iklan baris jumlah ruang yang disediakan sangat terbata. Oleh karena itu, biasanya penulisan iklan baris menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat dan tentu saja menghemat biaya pemasangan. Biaya iklan baris dihitung berdasarkan jumlah kata, jumlah baris, panjang (cm), dan untuk berapa kali diterbitkan.

Iklan baris menggunakan bahasa singkat dan padat serta disusun berdasarkan golongan yang sama. Iklan lowongan pekerjaan masuk ke kolom lowongan pekerjaan, sementara iklan penjualan rumah masuk ke kolom properti atau rumah dijual.

Meskipun ditulis singkat serta menggunakan banyak singkatan, isi iklan harus dapat atau mudah dipahami oleh pembaca. Informasi yang disajikan harus lengkap sehingga memudahkan pembaca memahami iklan yang ditawarkan.selainitu, singkatan-singkatan yang digunakan, harus mudah ditafsirkan atau dipahami oleh pembaca.

Komponen yang terdapat dalam iklan baris adalah benda yang diiklankan, pengiklan, alamat dan telepon yang bisa dihubungi. Benda yang diiklankan terbagi dalam dua tipe, yaitu benda bergerak (misalnya mobil, motor) serta tak bergerak (misalnya tanah, rumah).

perbedaan keduanya dalam beriklan terdapat pada penulisan alamat. Penulisan alamat pada benda bergerak tidak harus lengkap, sedangkan pada iklan benda tidak bergerak alamatnya ditulis lengkap.

Baca Juga : Melengkapi Pantun

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menulis Iklan Sesuai Konteks"

Post a Comment